ispi
Menu Click to open Menus
Home » Kegiatan » Awal Kebangkitan Budaya Literasi MTs N 1 Bantul

Awal Kebangkitan Budaya Literasi MTs N 1 Bantul

(50 Views) November 7, 2017 5:42 am | Published by

Oleh Anuk Kuswanti, S.Pd.
Guru MTs Negeri 1 Bantul, Yogyakarta dan Anggota Agumapi

Seminar literasi MTs Negeri 1 Bantul

Bantul (07/11) – Dalam rangka memeringati Bulan Bahasa tahun 2017, MTs Negeri 1 Bantul menggelar serangkaian kegiatan. Kegiatan ini meliputi lomba menulis puisi, gerakan membaca buku, lomba mading, dan seminar literasi. Adapun tema yang diusung adalah   “Bulan Bahasa Menjadi Awal Kebangkitan Budaya Literasi Madrasah Kita”.

Reni Astuti, S.Pd. selaku ketua Tim Literasi menjelaskan bahwa kegiatan bulan bahasa 2017 ini merupakan kegiatan perdana. Pertama kalinya diselenggarakan di MTs Negeri 1 Bantul. “Rangkaian kegiatan Bulan Bahasa ini bertujuan untuk memotivasi para siswa agar dapat menelurkan karya-karya yang selama ini masih terpendam,” paparnya. Serangkaian kegiatan ini digelar mulai 17 Oktober sampai dengan 06 November 2017.

Kegiatan pertama dilangsungkan lomba menulis puisi bagi siswa kelas VII, VIII, dan IX. Para peserta diberi kesempatan sepekan untuk merangkai kata-kata dalam wujud puisi. Lima puisi terbaik setiap kelas yang dipilih wali kelas diikutkan sebagai nominator. Selanjutnya dewan juri  memilih 3 terbaik untuk setiap jenjang kelas sebagai juara I, II, dan III. Dra. Runing Retnowati, Purwanto, S.Pd., dan Ma’ruf Yuniarno, M.A. bertindak sebagai dewan juri lomba ini.

Rangkaian kegiatan kedua adalah Gerakan Membaca Buku bagi siswa kelas VII. Kegiatan ini mulai dilaksanakan Senin (22/10). Siswa wajib mempunyai satu buku bacaan nonmata pelajaran. Buku ini dibaca siswa di rumah. Madrasah memberikan kartu kendali baca yang diisi siswa  setiap membaca buku. Kartu ini berisi kolom judul buku, pengarang dan genrenya, hari, tanggal  membaca, lama membaca, halaman buku yang dibaca, serta tanda tangan orang tua. Guru Bahasa Indonesia akan memantau kegiatan ini setiap dua minggu sekali dengan membubuhkan tanda tangan di kartu kendali baca. Selanjutnya siswa diminta untuk merangkum isi buku yang sudah selesai dibaca. Buku yang sudah selesai dibaca bisa ditukar dengan buku milik temannya.

Anuk Kuswanti

Puncak kegiatan ini digelar Sabtu (28/10) dengan kegiatan seminar literasi dan lomba majalah dinding. Seminar Literasi diikuti oleh seluruh siswa kelas IX, perwakilan kelas VII dan VIII. Seminar ini digelar di aula madrasah. “Inilah wujud tanggungjawab kami untuk memfasilitasi para siswa. Dengan berbagai kegiatan di bulan bahasa ini, kami berharap dapat menjadi awal kebangkitan budaya literasi di madrasah kita,” tutur Rita Astuti, M.Pd selaku Kepala Madrasah saat menyampaikan sambutannya.

Sementara itu, Suprihatin, S.Pd. selaku narasumber dalam Seminar Literasi menyajikan paparan bertajuk “Menulis Cerpen Itu Mudah”. Bu Atin, cerpenis dan penulis buku ini, mengawali paparannya dengan kalimat penuh motivasi, “Membacalah … membacalah… membacalah… dan menulislah”. Dijelaskannya bahwa untuk bisa mencapai tataran menulis, maka haruslah membaca terlebih dahulu. Membaca tidak hanya sekali dan satu sumber, tetapi membaca berkali-kali dan berbagai sumber atau berbagai buku. “Bukan hanya buku yang dibaca, alam lingkungan sekitar juga perlu dbaca. Alam menjadi sumber inspirasi yang tak ada habisnya,” tambahnya.

Pada waktu yang bersamaan, lomba mading dilaksanakan di setiap kelas VII dan VIII. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok. Wali kelas memilih satu mading terbaik untuk dilombakan antarkelas. Penjurian dilaksanakan Senin (30/10) oleh tim juri yang terdiri atas  Siti Juwariyah, M.S.I., Noor Aini, S.Pd., dan Sumar Hadi Santosa, S.Pd.

Adapun kejuaraan diumumkan pada Senin (06/11) saat upacara bendera. Juara I lomba menulis puisi diraih oleh Tarisya Shafa Aulia (7C), Ulayya Salma Husna (8A), dan Ferry Kusnandari (9A). Juara II disabet oleh Aulia Marsya (7D), Mahira Ahsani Imtyas (8A), dan Fatya Piscen Tifambiko. (9A). Juara III dipegang oleh Cherasia Kurnia Romadhona (7F), Safana Salwa Nur Ain (8E), dan Adnan Trian Wicaksono (9E). Sedangkan kejuaraan lomba mading berturut-turut juara I diraih kelas 7C dan 8A, juara II dimenangkan oleh kelas 7A dan 8C, dan juara III oleh kelas 7F dan 8B.

Kegiatan Bulan Bahasa ini diakhiri dengan pelaunchingan buku Antologi Puisi Juara I, II, III, dan 12 nominator setiap jenjang kelas. “Saya ucapkan selamat dan apresiasi bagi karya-karya terbaik siswa.  Semoga buku Antologi Puisi dengan judul Bertumbuh   ini menjadi awal tumbuh kembangnya karya-karya yang lain,” pungkas Rita Astuti.

***

 

No comment for Awal Kebangkitan Budaya Literasi MTs N 1 Bantul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *