ispi
Menu Click to open Menus
Home » Sosok » Doktor yang Memimpin MTs Swasta itu Bernama Najmah

Doktor yang Memimpin MTs Swasta itu Bernama Najmah

(435 Views) April 29, 2017 12:05 am | Published by

Oleh: Deni Kurniawan As’ari
Pegiat Agumapi dan pemerhati dunia guru madrasah Indonesia

Dr. Najmah, M.Pd di ruang kerjanya

Namanya sangat singkat. Najmah. Sosok ini boleh jadi masih termasuk spesies langka di dunia madrasah Indonesia. Seorang doktor menjadi kepala MTs swasta. Dalam amatan penulis guru madrasah yang bergelar doktor masih dapat dihitung jari. Jumlahnya belum banyak. Mungkin sekira 10-15 orang.

Jebolan S3 Universitas Negeri Malang ini tak hanya sosok langka namun memiliki prestasi yang membanggakan. Di tangan dinginnya berhasil membawa MTs yang kini dipimpinnya —semula MTs kecil dan biasa bahkan bisa dibilang tertinggal, kemudian melesat bak meteor menjadi MTs yang unggul dan diperhitungkan di tingkat lokal hingga nasional. Kini MTs-nya sering menjadi rujukan dan tempat study banding MTs lainnya di Indonesia.

Ada cerita, pada tahun 2005 sebelum Najmah diberi kepercayaan menjadi kepala madarsah, MTs-nya hanya mampu meluluskan 8 siswa dari 55 siswa kelas IX saat ujian nasional. Itu dulu. Kini banyak perubahan yang terjadi setelah Najmah menjabat kepala madrasah. Berbagai prestasi telah diraih madrasahnya baik dalam bidang akademik maupun nonakademik. Ada predikat menarik yang dialamatkan kepada Najmah dari Dr. Suwardi (Kasi Kurikulum dan Evalusi MA/MAK Direktorat Pendidikan Madrasah Kemenag RI) bahwa sosok Najmah termasuk manusia langka dan setengah “gila.”

Nah, Jejak, langkah dan kiprah Najmah selama memimpin MTs-nya itu kemudian ditulis dalam sebuah buku yang berjudul ”Strategi Najmah”. Menarik bahwa isi bukunya ini telah diimplementasikan ke dalam bahan pembelajaran utama untuk kepala sekolah/madrasah dan dijadikan rujukan secara nasional. Bagi Anda yang penasaran ingin mengetahui bagaimana isi buku tersebut, terutama ingin paham bagaimana “kegilaan” Najmah maka dianjurkan untuk membaca dan mencoba mengimplementasikan buku tersebut.

Menjadi Guru Madrasah Inspiratif
Tak kalah menarik dari sosok ini, ia juga dinobatkan sebagai guru madrasah inspiratif versi Kementerian Agama RI pada tahun 2015. Dalam buku “Keteladanan: Sosok Para Guru Madrasah Inspiratif” nama Najmah terukir sebagai salahsatu dari 25 guru madrasah inspiratif lainnya. Prestasi membanggakan juga diraih pada tahun 2012 dengan dinobatkan dirinya sebagai Juara 1 Lomba Leadership Kepala Madrasah Tingkat Nasional oleh Kementerian Agama RI. Selain itu Najmah juga berhasil menyusun rencana pengembangan madrasah atau Madrasah Development Plan (MDP) pada tahun 2009 hingga 2012 dan mendapat predikat Excellent untuk implementasi program pengembangan dari 500 madrasah se-Indonesia oleh Asia Development Bank (ADB).

Atas berbagai prestasinya pehobi traveling dan membaca ini dilibatkan sebagai anggota tim penyusun modul untuk pengembangan keprofesionalan berkelanjutan kepala sekolah (PKB-KS SMP/MTs) di pusbangtendik Kemendikbud RI.

Lahir di Malang pada 12 Juni 1968. Najmah kecil tumbuh dalam lingkungan pedesaan yang dipenuhi pondok pesantren. Isteri dari Drs. Suwarno dan ibu dari dr. Sofi Nur Fitria, S.Ked., M.Biomed, dan Luhur Septiadi ini pernah menjadi dosen luar biasa selama dua tahun di UNISMA Malang. Namun, karena ingin fokus membesarkan MTs NU Pakis Malang kemudian profesi dosen itu ia tinggalkan. Nampaknya ia tak ingin lepas dari MTs NU Pakis Malang. Ia dan mts-nya itu seolah sudah senada seirama untuk maju bersama.

Cukup sederhana Najmah menjawab saat ditanya apa motivasi dirinya mengambil kuliah S3? Padahal berdasarkan UU Guru dan Dosen, guru cukup berpendidikan S1 saja.

“Ingin melengkapi pendidikan formal hingga yang tertinggi,” ujarnya sembari tersenyum.

***

 

Tags: ,
Categorised in:

3 Komentar for Doktor yang Memimpin MTs Swasta itu Bernama Najmah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *