ispi
Menu Click to open Menus
Home » Kuliah » Inspirasi dari Sosok Rendah Hati

Inspirasi dari Sosok Rendah Hati

(59 Views) November 12, 2017 5:47 am | Published by

Oleh Sukarti, S.Pd., M.Pd.
Anggota Agumapi dan Guru MTs Negeri Kediri, Jawa Timur

Prof. Dr. H. Cecep Darmawan, S.Pd., S.Ip., M.Si., M.H.

Luar biasa!!! Mungkin kata-kata itulah yang bisa mewakili suasana kuliah daring Agumapi Sabtu, 11 November 2017. Dengan mengambil tema “Kiat Menulis di Media Massa”, kuliah daring yang rutin dilaksanakan setiap Sabtu, malam itu menjadi begitu spesial dan sangat istimewa. Bagaimana tidak, narasumber yang hadir kali ini adalah sosok yang begitu luar biasa dengan segudang prestasi dan kegiatan keilmuan. Beliau merupakan Guru Besar UPI sekaligus salah satu Dewan Pembina Agumapi, Prof. Dr. H. Cecep Darmawan, S.Pd., S.IP., M.Si., M.H.

Kang Cewan, begitu sapaan akrab beliau, telah menulis  puluhan bahkan ratusan artikel dan opini yang dimuat di beberapa media cetak maupun media online.  Selain itu,  berbagai jurnal lokal maupun internasional (scoopus) juga telah dihasilkan oleh Kepala Pusat Kajian dan Pengembangan Kebijakan Publik, Inovasi Pendidikan dan Pendidikan Kedamaian LPPM UPI ini. Di samping itu, beliau juga menjadi pemateri seminar nasional dan internasional.

Peserta kuliah sangat antusias untuk menimba ilmu secara langsung dari sosok yang begitu bersahaja dan rendah hati. Hal ini tergambar dari salah satu jawaban beliau ketika menjawab pertanyaan dari peserta yang menanyakan bagaimana cara agar kita bisa memaksa diri untuk mau menulis. “Diawali dengan bismillah agar apa yang kita kerjakan selalu dibimbing oleh Allah swt.,” jawab Kang Cewan, “Niatkan setiap menulis untuk menebar kebaikan agar setiap huruf yang kita tulis mendapat pahala. Menulis bukan untuk mendapat popularitas dan bukan untuk mendapatkan koin semata,” lanjut peraih penghargaan Dosen Terfavorit Versi Mahasiswa UPI Tahun 2011.

Sukarti

Banyak ilmu yang didapat oleh peserta kuliah daring dari pria kelahiran Subang 48 tahun yang lalu ini. Mulai dari kiat-kiat agar tulisan kita bisa dimuat di media cetak sampai cara meningkatkan obyektivitas pada saat penelitian. Semua pertanyaan peserta dijawab dengan tuntas sekaligus  memotivasi peserta untuk menulis sesuai dengan kompetensi/bidang keilmuan yang ditekuninya. “Bidang keilmuan yang dimaksud bisa saja berupa pengalaman, jabatan, atau yang lainnya. Jadi tidak selalu ilmu yang didapat dari bangku kuliah saja,” tuturnya. Sangat menarik bisa berdiskusi dengan beliau meski tidak bertatap muka secara langsung.

Bagi anggota Agumapi yang tidak bisa hadir dalam kuliah daring kali ini, seperti biasa sebagai notulis, Ibu Eza Avlenda, S.Pd., M.Si., telah menyiapkan resumenya untuk seluruh anggota Agumapi.

Begitu antusias dan banyaknya yang ingin mengajukan pertanyaan sampai-sampai Deni Kurniawan As’ari, S.Pd., M.Pd., sekjen Agumapi, yang kali ini bertindak sebagai moderator harus sering mengingatkan para peserta agar mengajukan pertanyaan secara bergantian. Kuliah daring yang kali ini dimulai pukul 19.40 selesai  pukul 21.45 dengan harapan apa yang disampaikan Kang Cewan  bisa lebih memotivasi sekaligus menginspirasi anggota Agumapi untuk lebih produktif lagi dalam menulis. Sedangkan bagi yang belum “berani” menuangkan idenya dalam tulisan segera mencoba mencurahkan idenya melalui Agumapi sebagaimana mottonya yakni Berkarya, Berbagi, dan Mengabdi. Di penghujung diskusi tak lupa Kang Cewan titip pesan pada anggota Agumapi “Tuliskan apa yang kita pikirkan dan  pikirkan apa yang kita tulis.”

***

Tags: ,
Categorised in:

No comment for Inspirasi dari Sosok Rendah Hati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *