ispi
Menu Click to open Menus
Home » Kiat Menulis » Kiat Menulis Cerpen Menurut Siska, Catatan Kecil Kuliah WA Agumapi

Kiat Menulis Cerpen Menurut Siska, Catatan Kecil Kuliah WA Agumapi

(139 Views) September 19, 2017 6:48 am | Published by

Agumapi.org | JAKARTA – “Saya yakin di grup ini ada banyak penulis yang telah menghasilkan cerpen. Saya tidak meragukan kemampuan Bapak/Ibu. Saya bicara di sini karena sedang berperan sebagai narasumber. Oleh karena itu, nanti pada waktu diskusi Bapak/Ibu yang memiliki pengalaman khusus terkait topik yang ditanyakan bisa urun gagasan,” itulah catatan pembuka dari Siska Yuniati saat kuliah dari di WA Agumapi, Sabtu (16/9) lalu.  Siska Yuniati (Yogyakarta)  yang selama ini dikenal sebagai cerpenis produktif sekaligus Ketum Agumapi didaulat menjadi narasumber. Ia ditemani oleh Eza Avlenda (Bengkulu)  ketua IV Agumapi selaku moderator.

Dalam paparannya Siska menyampaikan banyak hal terkait bagaimana menulis cerpen. Menurutnya ada ada 7 (tujuah) kiat yang musti diperhatikan saat menulis cerpen. Pertama pilih tema, kedua susun alur,  ketiga  membuat draf, keempat  menulis. Selanjutnya kelima menyunting, keenam proof reading dan terakhir  ketujuh publikasikan.

Masih menurut siska cerpen secara sederhana merupakan karya fiksi yang memfokuskan cerita pada satu permasalahan, satu tokoh, dan latar yang terbatas.

“Keterbatasan ini terkait keterbatasan ruang pada cerpen. Inilah yang membedakan cerpen dengan novel.” ungkap guru Bahasa Indonesia MTs Negeri 3 Bantul itu.

Membicarakan cerpen menurut isteri dari Sabjan Badio ini tak  bisa terlepas dari unsur pembangunnya. Unsur pembangun tersebut adalah peristiwa, cerita, plot, penokohan, tema, latar, sudut pandang penceritaan, serta bahasa. “Akan tetapi, untuk menulis cerpen, kita tidak harus terlalu sibuk mengkaji semua hal tersebut. Biarkan itu menjadi wilayah para kritikus,” tegas Siska.

Siska banyak membocorkan kiat suksesnya kepada anggota grup WA Agumapi terkait penulisan cerpen. Banyak anggota yang mengajukan pertanyaan.  Semua pertanyaan dijawab dengan baik oleh Siska.

Berikut beberapa testimoni dari para anggota grup selepas mengikuti kuliah WA. “Keren….menginspirasi….,” demikian ujar Nazarudin (Sumatera Utara).  “Terima kasih Bu Siska, Bu Eza, dan semua teman agumapi… ilmu yang sangat bermanfaat… khususnya bagi saya yang masih pemula… sebuah inspirasi untuk menulis cerpen… barokallah…,” ungkap Noor Shofiyati (DIY). Pandangan senada disampaikan Nuraeda (Sulsel). “Terima kasih banyak bu Siska, bu Eza, dan semua teman2 agumapi…, ilmu yg sangat bermanfaat…, semoga kita semua dalam keadaan sehat dan diberi kekuatan untuk saling berbagi sehingga menghasilkan karya yang berarti bagi pembacanya.”

Kuliah WA di grup Agumapi merupakan salah satu program dari pengurus pusat Agumapi. Program ini sebagai upaya dari pengurus untuk terus sharing dalam bidang penulisan kepada seluruh anggota. Dari anggota, oleh anggota dan untuk anggota.  Sampai saat ini telah dua kali diadakan kuliah WA. Sebelumnya mengambil tema “Kiat Menulis Buku” yang disampaikan oleh Momon Sudarma, seorang guru MAN 2 Kota Bandung yang juga penulis buku di penerbitan mayor.

Bagi Anda yang ingin bergabung dalam grup WA Agumapi untuk mengikuti kuiah dapat mendaftarkan diri kepada pengurus. Silakan membuka alamat berikut: Daftar Anggota.

***

2 Komentar for Kiat Menulis Cerpen Menurut Siska, Catatan Kecil Kuliah WA Agumapi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *