ispi
Menu Click to open Menus
Home » Karya » Artikel » Kid Jaman Now dan Cinta Bahasa Indonesia

Kid Jaman Now dan Cinta Bahasa Indonesia

(110 Views) November 10, 2017 11:07 am | Published by

Oleh Agus Sukowo, S.Pd.
Guru MAN 1 Cilacap, Jawa Tengah

Akhir-akhir ini kita sering mendengar/membaca istilah kid jaman now, terutama di media televisi. Entah mengapa saya merasa terganggu selain tidak nyaman ditelinga juga merancukan tata bahasa namun serapan setengah hati atau lebih tepatnya serampangan diambil dari bahasa asing. Kid sendiri kalau menurut Kamus Inggris Indonesia karangan John M. Echol dan Hassan Shadaly berarti anak arti kedua anak kambing. Sedangkan arti now adalah waktu sekarang ini diterjemahkan secara bebas menjadi anak jaman sekarang. Padahal kata kid lebih dipadankan sebutan anak kecil(kanak-kanak). Untuk menyebut anak lebih besar sedikit dalam bahasa Inggris disebut dengan girl untuk anak perempuan dan boy untuk laki-laki, atau untuk menyebut arti jamak anak remaja diambil padanan teen/teenager. Penyebutan orang dewasa disebut adult.

Saya tidak paham apa yang dimaksudkan oleh pembicara/pembawa acara di televisi dengan menyebutnya kid jaman now itu yang dimaksudkan siapa. Apa bayi, kanak-kanak, remaja, dewasa apa tua. Mungkin istilah ini diangkat untuk membuat sekedar seru/ ramai, tapi tanpa disadari merusak bahasa Indonesia yang seharusnya kita jaga punya peranan untuk melestarikan. Seyogyanya seorang pembawa acara harus memikirkan masak-masak bagaimana bahasa komunikasi disampaikan kepada khalayak. Mengapa, televisi adalah cara paling efektif merubah habit/perilaku terutama anak muda, sehingga dimungkinkan mereka di masa akan datang sangat kesulitan menyusun kalimat yang baik dan benar dalam membuat tulisan atau percakapan.

Salah Kaprah yang Dipelihara
Sebenarnya istilah asing diambil menjadi serapan Indonesia sudah ada acuannya seperti kalau kita membaca Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kata Police diindonesiakan menjadi Polisi yang lainnya masih banyak. Namun, tidak sedikit orang Indonesia mengambil istilah asing untuk membuat iklan, usaha atau sebutan supaya terlihat lebih bagus, tapi sebenaranya makna menjadi bergeser.

Kata artis yang diambil dari bahasa Inggris artist artinya adalah seniman tapi di Indonesia artis dimaknai sebagai sebutan untuk seorang yang menggeluti dunia hiburan seperti bintang film dan pemain sinetron. Tidak hanya itu saja kita menjumpai makna yang berbedapada kata service menjadi perbaikan, seperti iklan menerima servis HP, padahal perbaikan lebih erat dengan serapan repaire. HP sendiri yang memiliki kepanjangan hand phone tidak ditemukan dalam bahasa Inggris karena istilah ini disebutnya sellular phone / cell phone/ mobile phone diterjemahkan secara bebas a hand-held mobile radiotelephone for use in an area divided into small sections, each with its own short-range transmitter/receiver(sebuah telepon genggam genggam untuk digunakan di suatu daerah terbagi menjadi beberapa bagian kecil, masing-masing dengan pemancar / pemancar jarak dekat sendiri: www.artikata.com).

Masih banyak kesalahan-kesalahan yang terlanjur menjadi lidah terbiasa. Selanjutnya siapa yang bertanggung jawab melestarikan bahasa Indonesia. Jawaban yang paling mudah tentu kita semua sebagai rakyat Indonesia memiliki kewajiban yang sama untuk memelihara bahasa Indonesia tetap eksis ditengah gempuran bahasa asing lainnya terutama lewat dunia maya.

Sebenarnya ada istilah yang lebih baku sebagai gantinya menjadi anak jaman kekinian. Kekinian sendiri bisa diganti dengan istilah modern atau mutahir, ini lebih standar untuk digunakan, selain itu enak didengar di telinga.

Cara yang paling efektif untuk melestarikan bahasa Indonesia antara lain; 1). Bangga berbahasa indonesia yang baik dan benar, 2). Menghindari istilah-istilah asing dalam berkata, membuat kalimat atau membuat tulisan, 3). Mengingatkan apabila ada orang yang berbicara dengan banyak menggunakan istilah-istilah asing.

Bagi pemangku kepentingan seperti pemerintah, para pengajar dan orang-orang yang berkecimpung langsung, dengan menggalakkan cinta bahasa Indonesia dengan langkah konkrit seperti menulis di koran, membuat berita, membuat acara-acara bahasa ditelevisi yang dibuat secara menarik.

Mengadakan lomba yang berhubungan dengan bahasa seperti mengarang, menulis, membuat puisi, membaca puisi memmungkinkan meningkatkan bentuk kecintaan terhadap bahasa Indonesia.

Ada banyak cara untuk memperkaya dan mencitai bahasa Indonesia namun yang paling penting adalah rasa kebanggaaan sebagai manusia yang terlahir di bumi Indonesia. Tentu kita juga tidak mengabaikan bahasa asing tanpa mengurangi maksud dan tujuan dari belajar menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

*****

Tags: ,
Categorised in: ,

No comment for Kid Jaman Now dan Cinta Bahasa Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *