ispi
Menu Click to open Menus
Home » Kontributor

Kontributor

Aa Nurdiaman, S.Pd.
Diangkat menjadi guru PPKn di MTs Negeri 13 Ciamis Jawa Barat sejak tahun 2005. Menyeleaikan pendidikan di Jurusan PMPKn/PPKn FPIS IKIP Bandung (sekarang UPI) Tahun 1999. Selain menjadi ketua MGMP PPKn MTs Ciamis 2016-2021, kerapkali menjadi penulis soal ulangan semester/akhir semester dan ujian madrasah di lingkungan MK2MTs Prop. Jawa Barat. Saat ini terpilih menjadi penulis soal PPKn SMP/MTs di Sistem Inovatif Aplikasi Penilaian (SIAP) Puspendik Kemdikbud Tahun 2017. Pengalaman menulis di Forum Guru H.U. Pikiran Rakyat sejak 2006 dan kolom suluh di H.U. Tribun Jabar. Finalis (5 besar) Guru PPkn Anugerah Konstitusi 2011 kerjasama MK, Kemdikbud dan Kemenag. Buku yang telah ditulis Buku PPKn Kecakapan Berbangsa dan Bernegara Kelas VII, VIII, IX hak cipta BSE Kemdikbud dan Penulis Buku PPKn Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016. Buku pertama di luar buku pelajaran tentang Buku Anti Korupsi dalam proses penerbitan.

Andy Firmansyah, S.Pd., M.Pd.
Staf pengajar pada MTs Negeri 1 Kabupaten Malang, Jawa Timur. Guru seni ini aktif menulis dan beberapa bukunya telah diterbitkan. Diantara bukunya berjudul Rosmia, Syair buat Ayah, dan Seputar Manajemen Pendidikan Islam. Selain menulis, ia juga memiliki talenta membuat puisi dan lagu. Salah satu karya puisi lagunya berjudul “Meradang di Waktu Subuh” telah beredar di youtube dan menjadi rujukan dalam berpuisi bagi para siswanya. Sosoknya begitu dekat dengan para siswa.

Ariesta Indriawati, S.Pd., M.M.
Guru pada MTs Negeri Majenang. Di tengah banyaknya guru yang kesulitan meraih golongan IV B karena terbentur pengumpulan angka kredit berupa karya tulis ilmiah, Ariesta Indriawati, S.Pd., M.M. boleh jadi salah satu guru yang langka terlebih beliau berada di lingkungan Kementerian Agama. Guru IPA MTs Negeri Majenang itu berhasil meraih golongan IV B, yang selama ini oleh sebagian besar guru masih dianggap momok yang sulit untuk dicapai. Ia rajin menulis di beberapa jurnal dan majalah pendidikan. Guru mata pelajaran IPA di MTs Negeri Majenang Cilacap Jawa Tengah, lahir di Cilacap 9 April 1973 PNS di MTs N Majenang dengan pangkat golongan Pembina Tingkat I / IV b. Alamat Kantor MTs Negeri Majenang Jl Raya Pahonjean no 11 Majenang Cilacap Jawa Tengah.

Drs. Bambang Sukarnoto, M.Pd.
Bambang Sukarnoto, lahir di Banyumas pada tahun 1967. Merenda cita-cita melalui pendidikan formal SD, SMP dan SPG di Purwokerto. Menemukan makna sebuah potensi saat masuk jurusan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Negeri Surakarta (UNS) dan jurusan yang sama di SPs Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Meski belum sepenuhnya bisa menggali, karena kemudian tuntutan profesi sebagai guru di MTsN 23 Jakarta lebih menyita konsentrasi. Hal ini yang mendorong untuk menimba motivasi melalui teman-teman di Agumapi. Saat ini mendapat amanah sebagai Wakil Ketua MGMP Bahasa Indonesia MTs DKI Jakarta.

Deni Kurniawan As’ari, S.Pd., M.Pd.
Guru pada MTs Negeri Majenang. Ia telah menerbitkan buku dan modul. Salah satu bukunya berjudul Kamus Istilah Politik dan Kewarganegaraan diterbitkan pada tahun 2006 oleh CV Yrama Widya Bandung. Deni sejak 2007 terlibat dalam aktivitas ngeblog. Karyanya pernah dimuat di Suara Merdeka, Radar Banyumas, Pikiran Rakyat, Republika, Majalah Bhineka Karya Winaya, Majalah Suara Daerah, Majalah Info, Majalah Al Irsyad dan situs online. Ia juga terlibat dalam penulisan di Wikipedia terutama seputar dunia pendidikan—-organisasi dan tokoh pendidikan. Alhamdulillah, ia pernah menjadi juara 1 Lomba Penulisan Pendidikan Tingkat Nasional pada tahun 2003 dan juara 1 Lomba Menulis Nasional tahun 2015. Kini, ia mendedikasikan dirinya untuk dunia pendidikan dengan ikut terlibat di organisasi profesi. Pernah menjadi Ketua MGMP, Sekretaris ISPI Banyumas, Ketua Agupena Jateng, Sekretaris Umum Agupena Pusat (2010-2015), Wakil Sekretaris Umum ISPI Jateng (2011-2016). Saat ini menjadi anggota Humas Pengurus Pusat ISPI dan Wakil Sekjen IKA PKn UPI.

Eza Avlenda, S.Pd., M.Si.
Lahir di Bengkulu pada 6 April 1979. Pendidikan S1 pada Program Studi Pendidikan Biologi di Universitas Bengkulu (UNIB) tahun 2002 dan S2 pada Program Studi Biologi di Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 2009. Memulai karir menjadi guru biologi honorer, sejak tahun 2002 hingga tahun 2003 di MAN Model Kota Bengkulu. Alhamdulillah di penghujung 2003, menjadi guru PNS pada MTsN Karang Anyar Bengkulu Utara (MTsN 1 Bengkulu Utara) hingga pertengahan 2017. Sekarang ia mutasi ke MTsN 1 Kota Bengkulu. Eza menyukai dunia menulis sejak dulu. Prestasi Eza antara lain; Juara II Guru MTs Berprestasi Prov. Bengkulu (2010), Juara I Lomba Design RPP Guru (2011), Juara I Lomba Pembuatan Soal Biologi (2012), Juara II Kepala MTs Nasional (2014), Juara Harapan I Kepala MTs Nasional (2016). Saat ini Eza menjabat sebagai Ketua III Agumapi periode 2017-2022.

Hertini, S.Pd., M.Pd.
Pada tahun 2005 sebagai guru Bahasa Indonesia di MTsN 02 Kepahiang, diangkat menjadi Kepala MIN 01 Kepahiang tahun 2010-2017. Pada tahun 2012 juara I Kepala Berpestasi tingkat Provinsi dan mewakili provinsi Bengkulu mengikuti lomba Kepala Berprestasi tingkat Nasional mendapatkan juara III se-Indonesia. Memperoleh gelar sarjana kependidikan dari UNIB dan gelar Magister Pendidikan dari Program Pascasarjana Bahasa Indonesia tahun 2014. Menjadi Asesor Akreditasi SD/MI Provinsi Bengkulu tahun 2015 sampai sekarang. Karir menulis diawali penulisan PTK di Kanwil Bengkulu yang kerjasama dengan IAIN Bengkulu dan telah dipublikasikan di jurnal ilmiah. sering menulis cerpen, arikel dan puisi di media kabupaten. Pada bulan April 2017 ditugaskan kembali sebagai guru di MTsN 02 Kepahiang dan pada bulan Juni 2017 ditugaskan sebagai guru di MIS 05 Darussalam Kepahaing.

Momon Sudarma, S.Pd., M.Si.
Guru pada MAN 2 Kota Bandung. Lahir di Majalengka, 23 November 1971. Pendidikan Sarjana dalam bidang Pendidikan Geografi UPI (1997), kemudian meraih magister bidang Sosiologi-Antropologi dari Universitas Padjadjaran Bandung (2007). Sejak tahun 2016, diberi amanah sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni Pendidikan Geografi Universitas Pendidikan Indonesia, dan tahun 2017 sebagai Ketua MGMP Geografi Kementerian Agama Kota Bandung. Karya tulis terakhir, yaitu Sport Marketing (bersama Mohamad Memet dan Ujang Sudrajat, Graha Ilmu, 2016), Metodologi Penelitian Geografi (Graha Ilmu, 2015), Model Pembelajaran Geografi (Ombak, 2015), Profesi Guru (Rajagrafindo, 2013), Mengembangkan Keterampilan Berfikir Kritis (Rajagrafindo, 2013), Sosiologi Kesehatan (Salemba Medika, 2008), Media Curhatnya, disampaikan dalam https://dede.wordpress.com/, atau http://momonsudarma.blogspot.co.id/.

Nazaruddin, S.Pd.I.
Menyelesaikan Pendidikan S1 pada Jurusan Pendidikan Bahasa Arab di UIN SU Medan tahun 2009, dengan yudisium Cum Laude. Dunia tulis menulis mulai ia tekuni sejak menimba ilmu di Pondok Pesantren Al-Yusriyah Pkl. Susu kemudian diasah semasa kuliah dan mewakili mahasiswa di Bogor dalam rangka Diklat Kepemimpinan Nasional tahun 2007 yang diseleksi melalui karya tulis. Semasa kuliah aktif di kegiatan kemahasiswaan. Saat ini menjabat sebagai Kepala MTs Madinatul Ilmi dan mengajar bidang studi bahasa Arab dan PKn MTs Madinatul Ilmi Desa Lubuk Kertang Kabupaten Langkat–Sumut. Selain itu menjadi pemateri pengembangan diri memberikan training motivasi menjadi pembicara seminar dan narasumber Diklat. Pada tahun 2014 mendapat penghargaan Frans Seda Award di Jakarta, tahun 2015 yang lalu terpilih sebagai pemakalah terkreatif di Universitas Paramadina Jakarta. Buku yang telah terbit sebanyak 6 Buah. Tepat bulan Juni penulis mewakili Kepala MTs dari Sumut menghadiri Bimtek di Bogor. Pada tanggal 24 Oktober 2016 yang lalu terpilih sebagai Juara Harapan ke–2 Pada lomba esai nasional. Di bidang organisasi profesi penulis menjabat Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Langkat. Alamat email: nazaruddins.pdi1985@gmail.com, Nomor HP: 081396896623. Sedangkan alamat kantor: Jalan Pantai Kodok Dusun IV Alur Lebah Desa Lubuk Kertang Kecamatan Berandan Barat Kabupaten Langkat –Sumut 20857. Motto: ”Berjuang tanpa henti, berdoa tanpa lelah, berbakti untuk bangsa tercinta, dengan mengharap ridho Ilahi”.

Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M.
Terlahir dengan nama Nur Hasanah Rahmawati (30-01-’69), saat ini aku bekerja sebagai guru bahasa Inggris di MTsN 9 Sleman sejak 1994. Setelah menyelesaikan pendidikan dari SD, MTs Al-Mu’min Solo, MAN I Yk, IKIP Yk, STAIN Surakarta, aku meraih gelar MM berkat beasiswa dari lembaga swasta. Aku tinggal di dusun Kadipolo, Berbah, Sleman. Lulus sebagai guru profesional sejak 2008 melalui portofolio yang didukung hasil karya tulis dan buku. Dari hobi menulis, aku dapat menyelesaikan beberapa buku (Inviting Someone: Pakar Raya Bandung (2008), Have a Telephone Talk: Pakar Raya Bandung (2009), Bedah SKL UN SMP: Gallery Ilmu (2013), Enjoy Your Activity: Azza Grafika Yk (2014), Let’s Try: Azza Grafika Yk (2015). Buku sastra yang telah terbit di antaranya Antologi Puisi “Kata Hati”, Antologi cerpen “Panggil Aku Mama”. “Nyanyian Dua Jiwa”. Salah satu tulisanku berjudul “Wonder Woman” menjadi pemenang I lomba penulisan FTS oleh AE Publishing Jakarta. Puisi “Cinta Tak Membuatku Buta” menjadi puisi terpilih dalam contest Puisi Jogja Dua (2014) dan dibukukan dalam buku “Ibarat Cinta”: Erna Literary Foundation. Dari hasil karyaku selama ini akhirnya bisa lulus portofolio Guru Berprestasi dan berhasil meraih juara I Gupres Tk. Nasional (2014). Penghargaan API (Apresiasi Pendidikan Islam) aku dapatkan di tahun yang sama. Tahun 2015 lolos seleksi sebagai guru Teladan Nasional. Di tahun itu juga mendapat penghargaan Satya Lencana Prestasi Pendidikan dari Presiden Joko Widodo. Dengan berbagai karya tulis yang aku lakukan tersebut juga telah mengantarkanku lulus PAK kenaikan pangkat dan bisa meraih golongan IVB.

Ogi Lesmana, M.Pd.I.
Guru MIN 3 Kota Banjar, Jawa Barat. Tulisannya dimuat dalam beberapa media baik cetak maupun elektronik. Saat ini menjabat sebagai Ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kota Banjar, Jawa Barat. Aktif melakukan penelitian pendidikan dan mengisi forum ilmiah dalam skala lokal, nasional dan internasional.

Ruba Nurzaman, S.Pd.
Ruba Nurzaman, S.Pd. Seorang ayah yang sebentar lagi akan memiliki tiga anak ini dilahirkan di Bandung, 29 Oktober 1980. Alamat tinggal di Perumahan Cipatat Elok Kab. Bandung Barat. Lulusan Prodi Pendidikan Biologi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Selain menjadi guru di MTs Al-Mukhtariyah Rajamandala, juga menjadi fasilitator Manajemen Berbasis Sekolah/Madrasah Usaid Prioritas membuatnya mulai memikirkan kualitas madrasah baik dari segi pembelajaran maupun manajemen. Untuk memperdalam ilmunya dibidang manajemen madrasah, saat ini beliau sedang menuntaskan studinya pada program Magister Manajemen Pendidikan, Sekolah Pasca Sarjana Universitas Islam Nusantara Bandung. Juga aktif menjadi pegiat Asosiasi Guru Madrasah Penulis Indonesia (Agumapi) Pusat.

Siska Yuniati, S.Pd.
Guru pada MTs Negeri 3 Bantul dan Ketua Umum Agumapi. Siska Yuniati menyelesaikan program sarjananya di Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tahun 2004. Setelah lulus, Siska langsung mengabdikan dirinya di Kementerian Agama RI, yakni sebagai guru Bahasa Indonesia di MTs Negeri Giriloyo yang sekarang berubah nama menjadi MTs Negeri 3 Bantul. Selain mengajar bahasa Indonesia, Siska juga mengajar ekstrakurikuler menulis di MAU Al-Imdad Bantul sambil melanjutkan studinya di Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta pada proram studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dalam bidang tulis-menulis, Siska memokuskan diri menulis puisi dan cerpen, sambil sekali-sekali menulis artikel dan esai. Beberapa karyanya dimuat di media massa lokal dan nasional. Beberapa karya lain memenangkan kompetisi menulis tingkat lokal dan nasional, di antaranya kompetisi menulis blog Badan Bahasa Kemdikbud RI, kompetisi menulis esai Balai Bahasa Yogyakarta, Festival Sastra UGM, Festival Geopark Gunung Sewu, Alqolam-UPI Writing Festival, kompetisi media pembelajaran Kanwil Kemenag DIY, dan lain-lain. Beberapa karyanya dimuat di belasan antologi bersama. Saat ini, Siska sedang mengumpulkan cerpen-cerpennya yang dimuat di media massa untuk diterbitkan dalam bentuk antologi cerpen. Kiprahnya dalam bidang tulis-menulis berkontribusi besar dalam mengantarkan Siska kepada penghargaan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bantul sebagai ASN Berbudaya Kerja.

Sukarti, S.Pd., M.Pd.
Lahir dan dibesarkan di Desa Sukorame, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, 17 September 1970. Seluruh pendidikannya sebelum kuliah ditempuh di Kediri, yakni SDN Sukorame 3, SMPN 4 Kediri, dan SPGN Kediri. Kecintaan dan kegemarannya dalam dunia tulis menulis mendorongnya untuk melanjutkan studinya pada Jurusan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah di Universitas Muhammadiyah Mataram, selanjutnya pada tahun 2015 berhasil menyelesaikan Program Pascasarjana Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Muhammadiyah Surabaya dengan predikat Cum Laude. Mengawali kariernya sebagai guru di sebuah TK di Mataram, dan pada tahun 2007 mendapatkan penghargaan Education Award ketika mengabdikan dirinya di SDN Perampuan, Lombok Barat. Mulai 2008 pindah tugas di MIN Bandar Kidul, lima tahun berikutnya, tepatnya 2013 mulai mengajar di MTsN 2 Kota Kediri sampai sekarang. Beberapa tulisannya dipublikasikan di media cetak dan Bastra (Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra).

Susiana Manisih, S.Pd., M.Si.
Guru ekonomi di MAN 14 Jakarta sejak tahun 2005. Ia memperoleh gelar sarjana kependidikan dari UNJ dan gelar Magister Sains dari Program Pascasarjana Psikometri, Fakultas Psikologi UI tahun 2009. Pada tahun 2009–2011, menjadi Trainer Nasional untuk Program Whole School Development (WSD) dan School Recovery Programe (SRP) yang dikelola Australian-Indonesian Basic Education Programme (AIBEP). Tahun 2013-2015 aktif dalam Tim Pengembang Kurikulum Kanwil Kemenag DKI. Tahun 2016/2017 menjadi salah satu penulis soal Ujian Nasional mata pelajaran Ekonomi di Pusat Penilaian Pendidikan, Kemdikbud RI. Karir menulisnya diawali dari penulisan karya tulis ilmiah yang telah dipresentasikan di berbagai even ilmiah baik nasional maupun internasional dan telah dipublikasikan di jurnal ilmiah. Buku pertamanya “Pelangi di Madrasah” dalam proses penerbitan.

Yulian Istiqomah, S.Pd.
Lahir di Bantul Yogyakarta, pada 16 April 1984. Bagi Yulian menulis adalah hal yang senantiasa ia tanamkan pada siswanya di MTsN Sumberagung (MTsN 2 Bantul), sekolah tempat di mana ia mengabdikan diri sebagai guru honorer sejak tahun 2005. Alumnus UNY ini membimbing teater dan jurnalistik dalam klub FATWA binaannya. Sajak-sajaknya yang selama ini memotivasi siswa-siswanya hanya singgah di perpustakaan sekolahnya dan dunia maya saja. Sajaknya yang berjudul “Tidakkah Kita WajibBersyukur” yang ia bacakan saat pelatihan menulis puisi MGMP Bahasa Indonesia se-Bantul tidak sengaja sudah beredar di youtube. Beberapa sajaknya yang lain sering dikutip dalam soal-soal ujian oleh teman-teman sejawatnya. Baru-baru ini sajaknya yang berjudul “Bengkel Iman” berhasil diterbitkan dalam buku antologi 1000 penyair nusantara “Aquarium dan Delusi”, juga dalam buku antologi puisi tipografi 250 Penyair Indonesia yang berjudul “Baju Baru Untuk Puisi dan Hal-hal Yang Belum Dimengerti”.

Zaenal Abidin, S.Pd., M.Si.
Guru Bahasa Inggris pada MAN Demak, Jawa Tengah. Sosok yang aktif dalam MGMP dan menjabat sebagai Ketua MGMP Bahasa Inggris MA Tingkat Kabupaten Demak. Selain di MGMP ia juga terlibat dalam Agupena Jateng. Sosoknya ramah dan murah senyum. Lambang Agumapi merupakan hasil kreativitas dirinya