,
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kegiatan » Launching Madrasah Literasi Jatim

Launching Madrasah Literasi Jatim

(462 Views) Mei 26, 2017 11:55 am | Published by

Agumapi.org | Bersamaan dengan kegiatan Kompetisi Sains madrasah (KSM) Kanwil Kemenag Jatim, Rabu (4/6) kemarin digelar pula Launching Madrasah Literasi Jawa Timur oleh Supandi selaku Kabid Pendma Kanwil  Kemenag  Jawa Timur  bertempat di Hotel Utami, Sidoarjo, Jawa Timur.

 “Alhamdulillah, pelopor madrasah literasi terdiri dari MTsN 2 Kota Kediri, MTsN Bangil Pasuruan dan MAN 1 Gresik,” ujar Amak Burhan, Kepala MTs N 2 Kediri yang juga anggota Agumapi. 

Dr. Moh. Amak Burhanuddin (kanan) saat menyerahkan buku karya siswa kepada Kabid Penma Kanwil Kemenag Jatim

Masih menurut Amak launching literasi madrasah ditandai dengan peluncuran buku-buku karya Siswa dan guru madrasah.  Tujuan dari kegiatan launching ingin mencetak guru madrasah dan siswa yang produktif menulis.

“Kita mengadakan diklat penulisan  bekerjasama dengan Nizamia Learning Center (NLC) Sidoarjo dibawah bimbingan Musfiqon dan M. Aliyafi. Peserta terdiri dari 25 siswa didampingi 5 orang guru madrasah,” paparnya.

Beberapa buku karya siswa dan guru yang terbit diantaranya Ilmiah Itu Keren,  Berfikir  Ilmiah itu Menyenangkan, Kelir  Imaji, Kiat-kiat Melaksanakan Shakat Sunnah, Sama tapi Berbeda (novel) dan matematika Intermezo.

Kegiatan launching literasi ini diharapkan akan menginspirasi dan bisa diterapkan di madrasah lain di Indonesia.

“Jika  ada fasilitas  dan dukungan dari pimpinan,  maka insya Allah siswa dan guru madrasah akan mampu menulis buku. Semuanya tergantung pada niat,” tegasnya.

Kegiatan literasi madrasah di Jatim ini tersebut sangat sejalan dengan misi Agumapi. Dalam salah satu misinya Agumapi yang memiliki motto berkarya, berbagi dan mengabdi ini ingin ikut serta mengembangkan budaya literasi di madrasah.

Semoga akan banyak madrasah lain di Indonesia yang mengikuti jejak Jatim ini. Pelan namun pasti gerakan literasi masyarakat akan terus menggelinding.

***

Tags: ,
Categorised in:

No comment for Launching Madrasah Literasi Jatim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image