ispi
Menu Click to open Menus
Home » Sosok » Lebih Dekat Bersama Momon Sudarma

Lebih Dekat Bersama Momon Sudarma

(468 Views) Desember 19, 2016 8:10 am | Published by

Momon Sudarma (kiri) bersama keluarga

Momon Sudarma,  lahir di Majalengka, pada 23 November 1971. Ia merupakan alumni dari Pendidikan Geografi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Kemudian melanjutkan pendidikan ke Program Sosiologi Antropologi Universitas Padjadjaran (Unpad).

Semasa kuliah di UPI ia dikenal aktif sebagai pembicara untuk kegiatan mahasiswa dengan mengisi pelatihan kepemimpinan mahasiswa, training dakwah kampus, pelatihan tutor PAI dan aktivitas lainnya mulai HMJ hingga senat mahasiswa.

Ia cukup  berminat dalam dalam kajian ilmu sosial sehingga berhasil menelorkan banyak buku. Meskipun meminati ilmu sosial latar belakangnya sebagai sarjana pendidikan Geografi membuat ia tetap berkiprah sebagai tenaga pendidik. Karir pekerjaan yang kini ditekuninya sebagai tenaga pengajar Geografi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Bandung. Di luar itu, masih aktif sebagai pengajar Sosiologi Kesehatan, di STIKES ‘Aisyiyah Bandung, dan Sosiologi Komunikasi di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Bandung. Putra asli dari Kabupaten Majalengka ini, kini bermukim di Bandung, dengan istri tercinta, Winda, dan dua orang putranya, yakni Iqbal Fadhil Tresnadarma, dan Muhammad Aidhil Fathir Sudarma.

Kegiatan sosial dan profesi yang dijalaninya saat ini, yaitu sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) Pendidikan Geografi UPI (2014-), dan anggota MGMP Geografi Kota Bandung. Karya tulisnya bisa ditemukan di blog pribadinya, yaitu (a) https://dede.wordpress.com, http://momonsudarma.blogdetik.com, dan (b) http://momonsudarma.blogspot.com. Tulisan dan artikel pada media massa dan jurnal pernah muncul, khususnya jurnal kampus. Selain itu, sejumlah buku sudah dipublikasikan dari hasil mengisi waktu, disela-sela melaksanakan tugasnya sebagai seorang tenaga pendidik, yaitu :

Karya bukunya antara lain: Menjadi Speechwriter Profesional (Nuansa, 2006), Sosiologi untuk Kesehatan (Medika Salemba, 2008), Kemahirwacanaan (bersama M. Rakhmat, Pustaka Latifah, 2009), Sekolah Kita pun Berhak Maju (bersama Jajang W. Mahri, Bandung : Rizqi, 2011), Profesi Guru (Rajagrafindo Press, 2013), Mengembangkan Keterampilan Berfikir Kreatif (Rajagrafindo Press, 2013), Sosiologi Komunikasi (Mitra Wacana Media, 2014), Antropologi Untuk Komunikasi (Mitra Wacana Media, 2014), Metodologi Penelitian Geografi, Ragam Perspektif dan Prosedurnya (Jogjakarta, Graha Ilmu, 2014), Model Pembelajaran Geografi  (Jogjakarta, Ombak, 2015, dalam proses) dan Sport Marketing (bersama Ujang Sudrajat, Memet Muhammad, Jogjakarta, Graha Ilmu, 2016).

Adapun karya tulis dalam bentuk makalah atau  tulisan lepas  dianntaranya : Modernisasi Pertanian, Mengembangkan Agrobisnis sebagai Strtaegi Pembangunan  Pedesaan, Tradisi Empat Bulanan, Metode Uzlah, Pendidikan Pencerahan Diri, Bergesernya Nilai Olahraga, dari publik ke inklusi, Mencintai, Menikahi, Jodoh, Perubahan Ruang Tidur, Mengaktifkan Kekayaan, Telaah Kritis pada Pemikiran Anthony Giddens dalam The Runaway World, Pendidikan dan Latihan Profesi Guru, Analisis Konstruksi Soal UN Geografi.

Momon Sudarma dapat dihubungi melalui alamat email : momonsudarma@yahoo.com

Tags:
Categorised in:

No comment for Lebih Dekat Bersama Momon Sudarma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *