ispi
Menu Click to open Menus
Home » Karya » Artikel » Mempertahankan Nilai-nilai Perjuangan Pahlawan Bangsa

Mempertahankan Nilai-nilai Perjuangan Pahlawan Bangsa

(104 Views) Oktober 26, 2017 7:48 am | Published by

Oleh : Ogi Lesmana, M.Pd.I.
Guru MIN 3 Kota Banjar dan Anggota Agumapi

PENDAHULUAN
            Dalam Sejarah perjuangan bangsa Indonesia nilai kejuangan dimaksudkan untuk menggambarkan daya dorong perlawanan dan pendobrak yang mampu membawa bangsa ini untuk membebaskan dirinya dari penjajahan dan bebas merdeka. Nilai kejuangan diletakan selama generasi ke generasi untuk mencapai kemerdekaan. Nilai kejuangan seperti ini dimiliki oleh generasi (pra 45) dan generasi 45. Sebutan generasi 1945 sangat mengemuka karena pada tahun 1945 inilah keberhasilan kemerdekaan bangsa itu datang. Namun, tentu saja keberhasilan itu bukan dibuat oleh generasi 45 belaka. Nilai perjuangan ini diwariskan terus menerus dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Sekarang generasi 45 mulai berkurang, nilai kejuangan perlu dipertahankan hingga proses perkembangan dan pembangunan bangsa ini berlangsung dengan lancar. Munculnya perselisihan, kejahatan dan perebutan kekuasaan, saling tuding, saling sikut dalam kekuasaan politik, yang mengakibatkan lunturnya nilai – nilai perjuangan itu diakibatkan karena nilai – nilai perjuangan para pahlawan nasional oleh para generasi bangsa sudah semakin sirna, tidak pernah lagi dipertahankan dan dijadikan prinsip dan pandangan hidup. Disinilah peran generasi penerus bangsa untuk mempertahankan dan menjaga nilai –nilai kejuangan para pahlawan nasional.

 

NILAI – NILAI PERJUANGAN  
            Masyarakat Indonesia sejak tahun 1945 telah mengalami kemajuan dan perkembangan seperti dalam bidang penerapan teknologi modern dan pendekatan – pendekatan dalam pembangunan lain yang lebih disempurnakan, akan tetapi system nilai – nilai yang melandasi pembangunan masyarakat Indonesia sebagai mana yang diungkapkan dalam pancasila dan UUD 1945 tidak berubah dan tidak akan berubah.

Pancasila sebagai falsafah hidup, dasar Negara, pandangan hidup dan pedoman hidup bangsa menuntut seluruh warga Negara untuk berpola pada Pancasila mulai dari cara berpikir, sikap mental maupun tingkah laku mencerminkan implementasi dan nilai – nilai luhur Pancasila. Kepatuhan dan ketaatan setiap warga Negara, lembaga Negara, organisasi – organisasi kemasyarakatan dan politik terhadap pancasila tidak cukup hanya batin saja tetapi perlu penghayatan dan pengamalannya.

Nilai – nilai perjuangan pahlawan nasional sebagai penjelmaan falsafah dan pandangan hidup seluruh bangsa Indonesia yang tercermin dalam pembukaan UUD 1945. Lima sila dalam pancasila yang masing – masing merupakan nilai – nilai instrinsik yang abstrak umum universal tetap tak berubah, terlepas dari perubahan dan perkembangan zaman dan kelima – limanya kesatuan bulat dengan susunan yang hierarki.

Bentuk dari mempertahankan nilai – nilai perjuangan para pejuang nasional ini, maka kita sebagai Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia  harus mempunyai rasa senasib sepenanggungan dan rasa persatuan yang kuat, mempertahankan dan mengembangkan kepribadian bangsa Indonesia yang berakar pada sejarah dan kebudayaan bangsa, mengambil segi – segi positif dari kebudayaan bangsa lain yang bermanfaat untuk pembangunan bangsa dan Negara.

Generasi penerus bangsa harus bersatu padu satukan tekad dan niat untuk bersama – sama menjaga dan mempertahankan nilai –nilai perjuangan para pejuang pahlawan nasional sebagai perwujudan rasa syukur kita sebagai generasi penerus bangsa yang kini kita tinggal meneruskan kemerdekaan ini dengan penuh perjuangan dan persatuan bangsa.

No comment for Mempertahankan Nilai-nilai Perjuangan Pahlawan Bangsa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *