,
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kegiatan » Perluas Wawasan Pendidikan Siswa MAN 1 Cilacap Studi Lapangan Ke UPI Bandung

Perluas Wawasan Pendidikan Siswa MAN 1 Cilacap Studi Lapangan Ke UPI Bandung

(234 Views) Februari 18, 2018 12:12 am | Published by

Oleh Agus Sukowo, S.Pd.
Guru MAN 1 Cilacap, Jawa Tengah

Cilacap – Sebanyak 259 siswa kelas XI MAN 1 Cilacap yang terdiri dari jurusan Keagamaan, IPA, IPS dan Bahasa melakukan studi  pembelajaran lapangan selama dua hari dari hari Rabu-Kamis(14-15/02). Salah satu destinasi kegiatan ini mengunjungi kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Tepat pukul 09.00 rombongan diterima oleh pihak UPI dalam hal ini penyambutan dilakukan oleh pejabat dari Fakultas Pendidikan Seni dan Desain. Mewakili Dekan yang berhalangan hadir Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Sumber Daya, Dr. Trianti Nugraheni, M.Si. bersama Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Dr. Dadang Sulaeman, S.Pd., M.Sn. dan Kepala Bagian Tata Usaha, Asep Supandiman, S.Pd, M.M.Pd. yang berlangsung di ruang auditorium Fakultas Pendidikan Seni dan Desain.

“Maksud dan tujuan kunjungan kami ke UPI tidak lain untuk menambah wawasan siswa sehingga semangat melanjutkan studi ke perguruan tinggi yang masih 30% di madrasah menjadi meningkat,” kata Sutiasno selaku Wakamad Kesiswaan mewakili Kepala Madrasah yang berhalangan hadir.

Kegiatan studi lapangan diawali pemaparan dan motivasi kepada siswa tentang seluk beluk kuliah yang disampaiakan oleh Trianti Nugraheni.

“Adik-adik kepingin melanjutkan kuliah? Setiap kita bisa kuliah kalau ada kemauan ada jalan keluar. Jangan jadikan masalah keungan sebagai kendala utama. Ada banyak beasiswa bagi siswa yang berprestasi,” ujar Trianti Nugraheni.

Presentasi  menjelaskan tentang seluk beluk berbagai jurusan seni di FPSD dari jumlah LKS yang harus ditempuh, pembiyaan, dosen pengajar, fasilitas, juga dijelaskan berbagai fakultas dan jurusan yang ada di UPI.

“Meskipun labelnya pendidikan UPI juga sudah membuka jurusan non kependidikan seperti jurusan akuntasi di Fakultas Pendidikan Sosial. Jadi di UPI tidak melulu jurusan untuk menjadi guru. Bahkan tidak semua jadi guru seperti usaha kuliner Rumah Stroberry merupakan bisnis yang didirikan oleh alumnus jurusan seni rupa,” kata  Dadang Sulaiaman dalam presentasinya.

Setelah pemaparan dibuka sesi tanya jawab seputar perkuliahan. Ada tiga siswa mengajukan pertanyaan  yaitu Alfiani M., Dian Istiatun dan M. Ikhtiarrur. Salah satu pertanyaan yang menarik yang diajukan oleh Alfiani.

“Apakah di UPI ada beasiswa bagi siswa yang kurang mampu, sehingga siswa yang kurang mampu bisa melanjutkan pendidikannya, ” katanya

“ Ada banyak beasiswa yang ada di sini seperti Bidik Misi, beea siswa dari bank, beasiswa jurusan dan masih banyak lainnya, ” jawab Dadang.

Tepat pukul 11.10 sesi pemaparan dan tanya jawab usai. Dilanjutkan dengan sesi foto bersama di gedung Isola ikonnya UPI Bandung  antara siswa, guru dan staff FSD.

Sebagai bagian pembelajaran luar lapangan MAN 1 Cilacap  tidak hanya mengunjungi UPI saja namun ada tempat lain sebagai pembelajaran. Beberapa diantaranya yaitu ke Museum Geologi, disini siswa mempelajari sejarah batu-batuan, fosil dan hubungannya dengan manusia hingga bagaimana cara mengeksplorasinya untuk digunakan oleh manusia.  Di teropong bintang Bosscha didaerah Lembang siswa dikenalkan tentang hubungannya benda-benda langit bagi manusia seperti menentukan musim bercocok tanam, juga dijelaskan berbagai jenis teropong yang ada di sana.

Sebagai obyek hiburan siswa mengunjungi gunung Tangkuban Perahu, Floating Market, Trans Studio dan Cibaduyut. Harapannya selain siswa mendapat hiburan juga ada nilai-nilai positif yang didapat dari studi lapangan ini. (Agus Es)

****

No comment for Perluas Wawasan Pendidikan Siswa MAN 1 Cilacap Studi Lapangan Ke UPI Bandung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image