ispi
Menu Click to open Menus
Home » Kegiatan » Ruba Nurzaman, Pegiat Agumapi Menjadi Narasumber Bimtek Pengembangan MBM

Ruba Nurzaman, Pegiat Agumapi Menjadi Narasumber Bimtek Pengembangan MBM

(275 Views) Juni 4, 2017 3:33 am | Published by

Ruba Nurzaman (kedua dari kiri) bersama Direktur KSKK Kemenag RI, Prof. Dr. Phil. H. M. Nur Kholis Setiawan, MA.

agumapi.org | Ruba Nurzaman, pegiat Agumapi atas rekomendasi dari USAID Prioritas menjadi salah satu narasumber Bimbingan Teknis Pengembangan Manajemen Berbasis Madrasah (MBM). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Subdit Kelembagaan Direktorat KSKK Kementerian Agama RI  itu dilaksanakan mulai 31 Mei s.d 02 Juni 2017 bertempat di hotel Amarossa Bogor.

Ruba memfasilitasi materi pembelajaran aktif. “Materi ini dimaksudkan memberi kesempatan kepada peserta bimtek untuk mampu mengkaji ciri-ciri pembelajaran yang baik. Selain itu mampu melihat proses belajar dari sisi siswa, guru dan ruang belajar yang menunjang pembelajaran aktif yang efektif,” ujarnya.

Masih menurut Ruba, materi yang ia sampaikan dengan harapan agar para kepala madrasah dan pengawas memahami pendekatan tersebut untuk memberikan dukungan kepada guru. Target akhirnya  mampu melakukan pembinaan dan pemantauan perkembangan kualitas pembelajaran serta mampu mendiagnosis sekaligus memberikan resep agar pembelajaran yang dilakukan oleh guru menjadi lebih baik.

Adapun tujuan bimtek kali ini,  pertama, mensosialisasikan konsep dasar manajemen peningkatan mutu berbasis madrasah, khususnya kepala madrasah dan pengawas. Kedua, memperoleh masukan agar konsep tersebut dapat diimplementasikan dengan mudah dan sesuai dengan kondisi lingkungan Indonesia yang memiliki keragaman kultural, sosial masyarakat, dan geografis.

Kegiatan bimtek sendiri diikuti oleh sebagian besar pengawas juga Kepala Madrasah Aliyah Negeri yang mewakili masing-masing Kanwil Kemenag Provinsi. Setiap Provinsi mengirimkan 2 orang perwakilan, kecuali Provinsi Jawa Barat, Banten, dan DKI masing-masing mengirimkan 5 orang peserta.

Seperti yang kita ketahui USAID Prioritas merupakan salah satu NGO yang bergerak dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dan salah satunya bermitra dengan Kementerian Agama.  Ruba Nurzaman selama ini aktif sebagai intruktur nasional.

“USAID Prioritas berkomitmen untuk menyiapkan pendidikan madrasah yang berkualitas dan memilki daya saing melalui tata kelola manajemen berbasis madrasah. Pemangku kepentingan (stakeholder) di madrasah bisa berpartisipasi aktif dalam pengambilan keputusan untuk memenuhi kebutuhan peningkatan mutu madrasah dalam mencapai tujuan pendidikan nasional,” ungkap guru MTS Al-Mukhtariyah, Rajamandala, Bandung tersebut.

***

 

No comment for Ruba Nurzaman, Pegiat Agumapi Menjadi Narasumber Bimtek Pengembangan MBM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *