ispi
Menu Click to open Menus
Home » Curahan Hati » Sejak Bergabung dengan Agumapi

Sejak Bergabung dengan Agumapi

(76 Views) November 5, 2017 12:16 pm | Published by

Oleh Sarifudin, S.Pd, M.Pd.
Tenaga Pendidik MTs Negeri Majenang dan Anggota Agumapi

AGUMAPI merupakan wadah bagi para guru penulis madrasah Indonesia. Keberadaannya cukup memotivasi kalangan guru yang ingin berkarya dalam menulis. Sangat bermanfaat bergabung dengan AGUMAPI itulah yang selama ini saya rasakan.

Sebelumnya bingung mau menulis apa, itulah yang selalu tersirat dalam benak hati dan pikiran. Malaspun datang ketika mau menulis sebuah karya, karena tidak adanya motivasi. Namun sejak bergabung bersama AGUMAPI yang dimotori oleh salah satu sahabat Deni Kurniawan As’ari, S.Pd, M.Pd., keinginan untuk selalu berkarya lambat laun menjadi sebuah kebutuhan. Sebagai penulis pemula saya merasa sangat rugi apabila saya tidak menimba ilmu menulis dari beberapa teman-teman AGUMAPI. Belajar dan belajar terus untuk membuat sajian penulisan dan keterampilan merangkai kalimat yang mudah dipahami oleh para pembaca, itulah yang sedang saya gali dari teman-teman AGUMAPI.

Butuh kerja keras dan berusaha selalu memperbaiki setiap sajian karya tulis juga didapat setelah bergabung dengan AGUMAPI. Selain itu banyak menimba ilmu dari beberapa narasumber luar biasa dari teman-teman AGUMAPI, terutama ketika mengikuti kuliah daring yang diadakan melalui media sosial. Kuliah daring yang diadakan oleh AGUMAPI cukup membuka wawasan dan pengetahuan saya tentang keilmuan. Berbagai pengalaman yang luar biasa, membuat saya termotivasi selalu ingin menimba ilmu dari teman-teman AGUMAPI.

Diskusi online yang diadakan oleh AGUMAPI sangat bermanfaat bagi kalangan pemula dalam dunia menulis terutama saya sendiri. Ragu-ragu, bingung, malas itulah perasaan saya dahulu sebelum bergabung dengan AGUMAPI. Berkat saran teman-teman AGUMAPI yang baik hati dan mau berbagi ilmu menulis, kini merubah pola pikir saya tentang menulis adalah kebutuhan ide, curahan hati. Setiap ada ide yang menarik untuk ditulis, perasaan malas pun hilang dan berubah jadi semangat karena teman-teman AGUMAPI.

Pelajaran berharga yang saya dapatkan dari sebuah wadah penulis guru madrasah adalah rasa kebersamaan, saling berbagi dan tidak memandang pemula, merupakan suatu kehormatan luar biasa. Pengurus yang santun, tauladan dan mau berbagi ilmu terhadap anggota AGUMAPI terasa menjadi motivator bagi para kaum pemula seperti saya. Tidak sia-sia melonggarkan waktu untuk berdiskusi dengan beberapa teman-teman penulis senior, itulah kebanggaan saya sekarang. Meskipun belum pernah bertatap muka secara langsung dengan para pengurus AGUMAPI dan narasumber yang pernah mengisi kuliah daring lewat media sosial tapi kami percaya ketulusan mereka berbagai ilmu menjadi lahan ibadah buat saya terutama penulis pemula. Tidak sungkan untuk bertanya dan saling sharing mendiskusikan pengalaman tentang menulis dengan sesama anggota AGUMAPI meskipun diluar jadwal kuliah daring setiap minggunya.

Pengetahuan tentang mengelola madrasah yang baik juga ditularkan melalui diskusi dengan narasumber terpercaya. Setiap kuliah daring yang diadakan oleh pengurus AGUMAPI setiap hari Sabtu malam Minggu, diinformasikan secara jelas melalui grup media sosial. Tidak ingin ketinggalan kereta dengan turut serta aktif menyimak jalannya kuliah daring terasa cukup efektif membuka wawasan, pengetahuan saya bagaimana cara menyajikan sebuah kalimat yang benar dan mudah dipahami oleh khalayak.

Setiap ada momen pertanyaan pada saat diskusi online saya mencoba aktif bertanya, ini saya lakukan agar mendapatkan pengetahuan. Informasi perlombaan pun gencar disampaikan melalui media sosial, timbul ingin ikut perlombaan terkadang datang. Namun saat-saat sekarang saya hanya fokus belajar tentang cara menyajikan kalimat yang mudah dipahami dari teman-teman penulis senior AGUMAPI. Memanfaatkan ilmu teknologi secara positif dan bijak hadir bersama AGUMAPI, terjalin silaturahmi dan berbagi sangat saya rasakan selaku anggota. Besar harapan saya momentum liburan semester gasal pengurus AGUMAPI mengadakan workshop tentang menulis, sekaligus bertatap muka secara langsung dengan teman-teman AGUMAPI lainnya.

**

 

 

Tags:
Categorised in:

3 Komentar for Sejak Bergabung dengan Agumapi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *