ispi
Menu Click to open Menus
Home » Kegiatan » Semarak Bulan Bahasa di Matsanda

Semarak Bulan Bahasa di Matsanda

(81 Views) Oktober 29, 2017 4:13 am | Published by

Oleh: Sukarti, M.Pd.
Guru MTs Negeri 2 Kota Kediri, Jawa Timur

Kota Kediri (28/10) – Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, Sabtu 28 Oktober 2017, MTsN 2 Kota Kediri memperingati Bulan Bahasa. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Peringatan Bulan Bahasa di Madrasah Tsanawiyah Kediri 2 atau lebih akrab disebut Matsanda, diwarnai dengan berbagai perlombaan. Untuk tahun ini, lomba yang diadakan hampir sama dengan tahun sebelumnya, yaitu lomba pidato 4 bahasa (Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Bahasa Jawa) dengan peserta perwakilan dari kelas 7 dan presentasi hasil penelitian sosial, yang dikemas dalam Rekam Percobaan untuk kelas 9. Sedangkan yang berbeda untuk tahun ini, yakni  lomba mendongeng. Lomba mendongeng baru diadakan tahun ini dengan peserta perwakilan dari kelas 8 dan PDCI-1. Dalam perlombaan tersebut setiap kelas harus mengirimkan perwakilannya satu putra dan satu putri untuk lomba pidato dan lomba mendongeng. Sedangkan untuk lomba presentasi Rekam Percobaan peserta diambil dari hasil seleksi makalah laporan penelitian masing-masing kelompok.

Rangkaian kegiatan Bulan Bahasa diawali dengan apel peringatan Hari Sumpah Pemuda sekaligus pembukaan kegiatan Bulan Bahasa. Apel dimulai pukul 07.00 dengan pembina apel Waka Kesiswaan, Mambaul Ulum. Dalam sambutannya, Mambaul Ulum mengatakan betapa pentingnya kontribusi generasi muda bagi kemajuan NKRI. Hal  ini karena pemuda-pemudilah yang akan meneruskan perjuangan dalam membangun bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar sesuai cita-cita perjuangan bangsa. Usai menyampaikan amanatnya, Ulum pun membuka kegiatan Bulan Bahasa di  MTsN 2 Kota Kediri yang disambut tepuk tangan  meriah seluruh peserta apel.

Sukarti

Secara serentak, kegiatan lomba di MTsN 2 Kediri dilaksanakan tepat pukul 08.00 wib. Mengambil setting tempat yang berbeda, rangkaian lomba dalam rangka peringatan Bulan Bahasa yang mengambil tema “Dengan Bahasa dan Sastra Mempererat Kebhinekaan” pun  berjalan dengan lancar. Dari sekian banyak jenis lomba, yang paling menarik atensi warga madrasah adalah lomba mendongeng. Dengan kostum dan alat peraga mendongeng, para peserta berlomba-lomba tampil maksimal di hadapan juri. Sorak sorai siswa-siswi Matsanda pun bergemuruh  saat para pendongeng tampil menarik dengan kekhasan gayanya masing-masing.

Adapun rangkaian lomba ini selain bertujuan untuk memeriahkan Bulan Bahasa juga untuk menumbuhkan semangat nasionalisme para siswa. Selain itu, tujuan dari diadakannya lomba tersebut adalah untuk mengasah kemampuan berbahasa siswa, terutama pada aspek berbicara. Tidak hanya bahasa Indonesia, tetapi juga Arab, Jawa, dan bahasa Inggris. Peringatan Bulan Bahasa tahun ini sekaligus semakin mengukuhkan Matsanda sebagai Madrasah Literasi yang sudah dilaunching bulan Mei lalu di samping sebagai Madrasah Riset tentunya.

No comment for Semarak Bulan Bahasa di Matsanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *