,
Menu Click to open Menus
Home » Karya » Buku » Sistem Promosi Jabatan

Sistem Promosi Jabatan

(113 Views) Februari 28, 2018 12:03 am | Published by

Jenis Buku: Buku nonfiksi
Judul: Sistem Promosi Jabatan
Pengarang: Sarifudin
Tahun Terbit: 2018
Penerbit: CV. Tenterem Karya Nusa
Nomor ISBN: 97860250353-2-6
Tebal Buku: 183 halaman

Ringkasan:

Sistem promosi adalah tata cara sistem promosi mulai dari awal hingga pengangkatan pegawai pada jabatan yang telah ditentukan. Sistem dan perencanaan program promosi dimaksudkan untuk memberi kesempatan kepada pegawai untuk mengisi lowongan pekerjaan yang tersedia, meningkatkan moral dan partisipasi pegawai serta membantu kegiatan pemeliharaan pegawai yang memiliki kompetensi. Menurut Musyanef yang  dimaksud dengan  sistem promosi jabatan adalah suatu kenaikan pangkat jabatan/pekerjaan yang dialami seorang pegawai disertai dengan kekuasaan yang lebih tinggi dan tanggung jawab yang lebih besar berdasarkan prestasi kerja/kecakapan dan masa kerja pegawai. Sistem ini menetapkan segala hal pada sistem promosi jabatan dan juga terdapat program aplikasi yang mendukung jalannya sistem.

Dalam rangka melaksanakan program promosi bagi pegawai, perlu dilakukan penetapan syarat-syarat promosi terlebuh dahulu. Syarat-syarat tersebut hendaknya dijadikan standar dalam menetapkan siapa yang dapat atau berhak dipromosikan. Oleh karena itu setiap syarat-syarat yang telah ditetapkan diharapkan dapat menjamin bahwa pegawai yang dipromosikan mempunyai kemampuan yang lebih tinggi dari jabatan sebelumnya. Sistem promosi yang benar-benar didasarkan pada persyaratan yang ada akan mendorong para pegawai bekerja dengan sebaik-baiknya tanpa adanya perasaan bahwa promosi untuk menduduki suatu jabatan atau kenaikan pangkat yang dilakukan seorang pemimpin terhadap bawahannya bersifat subyektif. Promosi yang dilaksanakan berdasarkan pertimbangan senioritas (golongan dan pangkat) harus melihat kompetensi dan prestasinya.

Kompetensi jabatan pada madrasah melihat dari pengalaman jabatan dan memenuhi persyaratan sehingga seseorang itu layak untuk menduduki suatu jabatan. Hal tersebut karena ada jabatan tertentu yang terkadang memiliki persyaratan khusus. Misalkan, pada bidang keuangan, tentu yang dicari adalah pegawai yang memiliki pengalaman dalam hal keuangan dan akuntansi. Agar sistem promosi benar-benar dirasakan manfaatnya bagi seorang guru dan tenaga kependidikan maupun lembaga pendidikan yang bersangkutan perlu adanya pola yang jelas dan pengukuran yang objektif sampai sejauh mana kemampuan/kompetensi seorang pegawai dalam menjalankan jabatan yang akan dipangkunya serta memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Terkait penempatan jabatan berdasarkan senioritas yaitu melalui pertimbangan pengalaman dan masa kerja seseorang agar ketika ia menjabat dalam posisi apapun sudah tahu tentang kondisi madrasah serta beberapa kebijakan yayasan dan kepala madrasah yang tertuang dalam visi misi. Tingkat pengalaman guru dan tenaga kependidikan dalam banyak hal seringkali dipergunakan sebagai salah satu standar untuk melaksanakan promosi. Dengan pertimbangan bahwa dengan pengalaman/masa kerja yang lama maka pengalaman yang dimiliki lebih banyak dibanding dengan pegawai yang masa kerjanya kurang. Pegawai yang memiliki masa kerja lama dianggap mempunyai kemampuan lebih tinggi dan gagasan lebih banyak. Pengalaman merupakan suatu ketentuan yang dipandang dari segi pangkat, jabatan, pendidikan/ pelatihan, masa kerja, dan umur. Proses diawal untuk memperoleh sumber daya manusia yang handal perlu yang baik pula. Disisi lain adalah mengfungsikan sumberdaya manusia melalui beberapa tekhnis dan mekanisme kebijakan yang mengikat.

Promosi dilakukan dengan membuat penyesuaian terhadap kebutuhan yang berhubungan dengan perencanaan sumberdaya manusia yang ada dalam buah lembaga pendidikan/ instansi tersebut untuk memperoleh orang yang tepat pada posisi/jabatan yang tepat (right man on the right place).

***

No comment for Sistem Promosi Jabatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image